SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah - Semua yang Perlu Anda Ketahui
Novitasari, SM
1 day ago

SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah - Semua yang Perlu Anda Ketahui

Ingin memahami apa itu SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002? Artikel ini menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang SBU ini, termasuk manfaatnya, syarat-syaratnya, dan cara mendapatkannya. Baca sekarang!

SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah - Semua yang Perlu Anda Ketahui

Gambar SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah - Semua yang Perlu Anda Ketahui

Apa itu SBU Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi?

SBU Sertifikat Badan Usaha adalah sebuah dokumen sertifikat yang dikeluarkan sebagai tanda bukti resmi atas usaha yang dilakukan oleh suatu perusahaan di bidang jasa konstruksi. SBU konstruksi merupakan bukti pengakuan Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) untuk dapat mengikuti proses pengadaan barang atau jasa. SBU konstruksi ini merupakan dokumen wajib yang dimiliki oleh BUJK dalam menjalankan layanan jasa Konstruksi.

Kenapa perusahaan jasa konstruksi harus memiliki SBU? Apa fungsi atau kegunaan dari SBU tersebut?

Salah satu fungsi Sertifikat Badan Usaha (SBU) adalah syarat untuk ikut serta dalam lelang atau tender.com/">tender. Selain itu, SBU LLPJK juga dapat digunakan sebagai salah satu prasyarat membangun kerja sama dengan BUJKA dan BUJK Nasional. Salah satu alasan perusahaan harus memiliki SBU adalah pengurangan pajak. Bagi perusahaan jasa konstruksi yang memiliki SBU akan dikenakan besaran tarif sesuai dengan klasifikasinya. Sedangkan, perusahaan jasa konstruksi yang tidak memiliki SBU akan dikenakan tarif PPh badan atau PPh orang pribadi normal yang tentu tarifnya lebih besar.

SBU dikeluarkan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) PUPR. Proses pembuatan sertifikat ini akan dibantu oleh Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) dengan sistem OSS (Online Single Submission). Masa berlaku SBU adalah tiga tahun semenjak tanggal ditetapkan sertifikat usaha tersebut. Sebelum mengajukan permohonan SBU Konstruksi setiap BUJK harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dengan KBLI sesuai klasifikasi usaha jasa konsultan konstruksi, pekerjaan konstruksi atau pekerjaan konstruksi terintegrasi.

Dasar Hukum SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi disebutkan “Setiap badan usaha yang mengerjakan jasa konstruksi wajib memiliki Sertifikat Badan Usaha”. Pasal 30 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja disebutkan “Setiap badan usaha yang mengerjakan Jasa Konstruksi wajib memiliki Sertifikat Badan Usaha”. Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, disebutkan “Setiap badan usaha yang mengerjakan Jasa Konstruksi wajib memiliki Sertifikat Badan Usaha”. Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi.

SBU Konstruksi harus dimiliki oleh BUJK yang menyeleggarakan layanan jasa konstruksi sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 100 Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Bebasis Risiko. Peraturan Menteri PUPR Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sekto PUPR. Peraturan Menteri PUPR Nomor 8 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemenuhan Sertifikat Standar Jasa Konstruksi Dalam Rangka Mendukung Kemudahan Perizinan Berusaha Bagi Pelaku Usaha Jasa Konstruksi.

Cakupan Pekerjaan dalam SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah

Kualifikasi SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah dipengaruhi oleh beberapa hal di antaranya adalah:

Kualifikasi Kecil:

  • Penjualan Tahunan lebih dari Rp 2.500.000.000 (dua setengah milyar rupiah)
  • Kemampuan Keuangan lebih dari Rp 300.000.000 (tiga ratus juta rupiah)

Kualifikasi Menengah:

  • Penjualan Tahunan lebih dari Rp 2.500.000.000 (dua setengah milyar rupiah)
  • Kemampuan Keuangan lebih dari Rp 2.000.000.000 (dua milyar rupiah)

Kualifikasi Besar:

  • Penjualan Tahunan lebih dari Rp 50.000.000.000 (Lima puluh milyar rupiah)
  • Kemampuan Keuangan lebih dari Rp 25.000.000.000 (dua puluh lima milyar rupiah)

Perusahaan BUJKA (Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing):

  • Penjualan Tahunan lebih dari Rp 100.000.000.000 (seratus milyar rupiah)
  • Kantor Perwakilan BUJKA & BUJK PMA perpanjangan harus pengalaman pekerjaan di Indonesia
  • Kemampuan Keuangan harus lebih dari Rp35.000.000.000 (tiga puluh lima milyar rupiah)

Masa Berlaku SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah

Masa berlaku SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah adalah 3 (tiga tahun) tahun sejak diterbitkan. SBU konstruksi yang diterbitkan berlaku untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun dan dapat diperpanjang, serta dapat dilakukan perubahan. SBU konstruksi yang akan diperpanjang harus diajukan sebelum habis masa berlakunya.

Syarat Proses SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah

Sebelum melakukan pendaftaran SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah, tentunya Anda harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Tentunya ada banyak persyaratan yang harus Anda ketahui. Lebih lanjut, berikut ini merupakan syarat wajib pembuatan SBU terbaru.

Syarat Penjualan tahunan:

Penjualan tahunan adalah pengalaman kerja badan usaha jasa konstruki (BUJK) dalam menyelesaikan pekerjaan atau proyek konstruksi berdasarkan kontrak baik sebagai Konsultan atau Kontraktor. Nilai penjualan tahunan sebagaimana dimaksud didasarkan pada perolehan pekerjaan dalam masa berlakunya SBU konstruksi (3 tahun). Penjualan tahunan dibuktikan dengan rekaman kontrak kerja konstruksi dan berita acara serah terima pekerjaan sebagai persyaratan untuk mengajukan permohonan SBU Konstruksi kepada Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) melalui sistem OSS yang terintegrasi ke portal perizinan PUPR. Dalam hal kontrak kerja konstruksi terdapat bentuk kerja sama operasional dan/atau kontrak dengan subpenyedia jasa, laporan penjualan tahunan dipisahkan sesuai dengan porsinya. Dalam hal penjualan tahunan sebagaimana dimaksud sudah digunakan pada subklasifikasi tertentu, penjualan tahunan tidak dapat digunakan untuk permohonan kualifikasi dan subklasifikasi yang berbeda.

Syarat Keuangan:

Persyaratan keuangan berlaku untuk jasa konsultan konstruksi umum, pekerjaan konstruksi umum dan terintegrasi sedangkan nilai aset merupakan persyaratan untuk jasa konsultan spesialis dan pekerjaan konstruksi spesialis. Persyaratan kemampuan keuangan atau aset sebagai untuk mendapatkan Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. Kemampuan keuangan perusahaan diperoleh dari nilai total ekuitas pada:

  1. Neraca keuangan, untuk perusahaan kualifikasi kecil; dan
  2. Laporan keuangan hasil audit kantor akuntan publik yang teregistrasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, untuk perusahaan kualifikasi menengah dan besar. Dalam hal total ekuitas dinyatakan dalam mata uang asing, total ekuitas harus dikonversi ke dalam mata uang rupiah menggunakan kurs yang ditetapkan oleh Bank Indonesia pada saat proses sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU).

Syarat Peralatan:

Syarat pertama yang harus Anda penuhi yakni terletak pada data peralatan. Pemenuhan komitmen penyediaan peralatan konstruksi tersebut dilakukan dengan menyampaikan bukti kepemilikan kepada LSBU yang melakukan penilaian kelayakan atas SBU Konstruksi paling lama 30 hari kalender setelah diterbitkannya SBU Konstruksi. Kemampuan BUJK dalam penyediaan peralatan konstruksi dibuktikan dengan dokumen sebagai berikut:

  • Faktur penjualan;
  • Akta jual beli;
  • Kuitansi;
  • Surat hibah;
  • Perjanjian sewa; atau
  • Laporan neraca aset BUJK, atau neraca konsolidasi pada satu holding.

Syarat Tenaga Kerja:

Untuk dapat ditetapkan sebagai PJTBU dan PJSKBU setiap tenaga kerja konstruksi harus memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) sesuai klasifikasi, kualifikasi dan jenjang mengacu pada standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Tenaga kerja konstruksi sebagaimana dimaksud merupakan tenaga tetap badan usaha yang tidak boleh merangkap jabatan pada badan usaha lain. Tenaga kerja yang ditetapkan sebagai PJSKBU dapat merangkap paling banyak 5 (lima) subklasifikasi dalam 1 (satu) Klasifikasi yang sama.

Syarat Sistem Manajemen:

BUJK harus memenuhi persyarayan Standar Sistem Manajemen sebaga berikut;

  1. Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001) paling lambat 1 (satu) tahun sejak SBU diterbitkan;
  2. Sistem Manajemen Anti Penyuapan (ISO 37001) paling lambat 3 (tiga) tahun sejak SBU kualifikasi kecil diterbitkan;
  3. Sistem Manajemen Anti Penyuapan (ISO 37001) paling lambat 2 (dua) tahun sejak SBU kualifikasi menengah diterbitkan; dan
  4. Sistem Manajemen Anti Penyuapan (ISO 37001) paling lambat 1 (satu) tahun sejak SBU kualifikasi besar diterbitkan.

Biaya dan Lama Proses SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah

Hubungi kami di nomor +62813-9354-4270 untuk mengetahui informasi biaya terbaru SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah. Estimasi Lama proses jika dokumen lengkap adalah 1-2 minggu. Kami bantu review dan lengkapi berkas-berkas jika perusahaan belum memiliki.

Sanksi Terkait SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah

Sanksi Bagi Yang Tidak Memiliki SBU Konstruksi

Bagi BUJK yang tidak memiliki SBU Konstruksi, maka pelaku usaha dapat dikenakan sanksi berupa peringatan tertulis dan juga denda sebagai berikut :

  • BUJK Nasional, sebesar 10 persen dari semua nilai kontrak.
  • Kantor Perwakilan BUJKA, sebesar 20 persen dari semua nilai kontrak.
  • BUJK Penanaman Modal Asing, sebesar 10 persen dari semua nilai kontrak.

Sedangkan bagi BUJK yang memiliki keterlambatan untuk memperpanjang SBU Konstruksi, maka akan dikenakan sanksi berupa peringatan tertulis dan denda sebesar :

  • BUJK Nasional kualifikasi Kecil, denda keterlambatan sebesar Rp 500.000,00 per hari kerja.
  • BUJK Nasional kualifikasi Menengah dan/atau bersifat Spesialis, denda keterlambatan sebesar Rp 1.000.000,00 per hari kerja.
  • BUJK Nasional kualifikasi Besar, denda keterlambatan sebesar Rp 1.500.000,00 per hari kerja.
  • BUJKA kualifikasi Besar dan/atau bersifat Spesialis, denda keterlambatan sebesar Rp 5.000.000,00 per hari kerja.

Perlu diingat pula bahwa apabila Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) dalam 15 hari kerja sejak diberikan sanksi tidak dilakukan pembayaran, maka BUJK akan diberhentikan sementara, yang diikuti dengan pembayaran sanksi sebesar 2x lipat dari yang pertama kali ditentukan. Apabila dalam 15 hari kerja, namun Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) masih tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka hal tersebut akan mengakibatkan pencabutan SBU Konstruksi milik BUJK.

Cara Cek Keaslian SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah

Cara Cek Keaslian SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah dapat dilakukan melalui beberapa metode:

1. Menggunakan Website ceksbujk.com:

Langkah pertama adalah mengunjungi website resmi ceksbujk.com. Kemudian, masukkan nama perusahaan atau ID izin portal PUPR yang ingin Anda cek. Website ini akan memberikan informasi tentang keaslian SBU tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Android:

Anda juga dapat menggunakan beberapa aplikasi Android untuk melakukan pengecekan keaslian SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah. Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan:

  1. SKK LPJK Scanner - Download di Playstore
  2. SKK Scanner 2022 - Download di Playstore
  3. Scanner Jasa Konstruksi - Download di Playstore
  4. Aplikasi Jakontrust

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap tentang SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah. Semoga informasi ini dapat membantu Anda memahami semua yang perlu Anda ketahui tentang SBU ini, termasuk manfaatnya, syarat-syaratnya, dan cara mendapatkannya. SBU konstruksi sangat penting dalam menjalankan layanan jasa konstruksi, dan memiliki SBU yang sah dan terverifikasi adalah langkah awal yang penting dalam memasuki dunia konstruksi yang kompetitif.

Dapatkan SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah Dengan Mudah

Dapatkan SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah dengan mudah melalui layanan Gaivo Consulting. Kami membantu Anda memperoleh SBU ini dengan cepat dan dalam proses yang legal. Hubungi kami sekarang di nomor +62813-9354-4270 untuk informasi lebih lanjut.

Alamat kami: Ruko Grand Boulevard Blok U01A no 369, Bundaran 5, Citra Raya - Tangerang, Banten 15710.

Baca Juga:

About the author
ikutender.com Sebagai penulis artikel

Novitasari, SM, adalah seorang konsultan bisnis yang berdedikasi dan memiliki keahlian di berbagai aspek industri konstruksi. Dengan pengalaman yang luas dan pengetahuan mendalam tentang berbagai strategi bisnis, ia telah membantu banyak perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional mereka dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Ia memiliki latar belakang pendidikan yang kuat di bidang manajemen bisnis dan telah bekerja dengan berbagai klien di sektor konstruksi, termasuk perusahaan konstruksi besar dan proyek infrastruktur skala besar.

Novitasari juga adalah seorang penulis berbakat yang berkontribusi secara aktif dalam menyediakan informasi berharga untuk para profesional di industri konstruksi melalui artikel-artikel informatifnya di ijinkonstruksi.com. Artikel-artikelnya selalu menghadirkan wawasan baru dan solusi praktis untuk tantangan yang dihadapi oleh para pemangku kepentingan dalam industri ini.

Keahlian analitis Novitasari dan kemampuannya untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif membuatnya menjadi mitra yang dipercaya oleh klien-kliennya. Ia selalu berfokus pada kebutuhan dan tujuan bisnis klien, membantu mereka mengidentifikasi peluang dan mengatasi hambatan untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Sebagai seorang profesional yang berkomitmen untuk keunggulan, Novitasari terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dengan tetap mengikuti perkembangan terbaru di industri konstruksi dan bisnis secara keseluruhan. Hal ini memastikan bahwa ia dapat memberikan solusi yang relevan dan efektif bagi klien-kliennya di tengah perubahan yang dinamis.

Dalam setiap proyeknya, Novitasari selalu menunjukkan dedikasi yang tinggi dan semangat untuk membantu perusahaan mencapai potensi penuh mereka. Ia percaya bahwa kolaborasi yang erat dengan klien adalah kunci keberhasilan, dan sikap profesional dan ramahnya membuatnya mudah bekerjasama dengan berbagai tim dan pihak terkait.

Apapun tantangan yang dihadapinya, Novitasari selalu siap untuk memberikan wawasan berharga dan solusi yang inovatif bagi perusahaan di industri konstruksi. Dengan komitmennya untuk memberikan layanan terbaik, Novitasari terus membantu perusahaan mencapai kesuksesan dan pertumbuhan berkelanjutan.

Ikutender.com membantu melakukan Persiapan Tender Perusahaan

Dari perencaan mengambil bidang usaha, kualifikasi sampai dengan persiapan dokumen tender dengan tujuan untuk Memenangkan Proyek

Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami

Ikutender.com sebagai konsultan bisnis, berpengalaman dalam memberikan solusi bisnis yang inovatif dan efektif untuk perusahaan di berbagai industri. Tim kami yang terdiri dari para ahli di bidang strategi, keuangan, dan operasi akan bekerja sama dengan Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Kami menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, termasuk analisis pasar, perencanaan strategis, dan pengembangan bisnis. Dengan pengalaman kami yang luas dan metode yang teruji, kami yakin dapat membantu perusahaan Anda untuk tumbuh dan berkembang lebih sukses.

Jasa Bantuan Penerbitan Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi, SKK Konstruksi LPJK

Berbagai persyaratan terbaru, kami memastikan semua dokumen perusahaan sesuai dengan aturan baru, sehingga perusahaan dapat fokus untuk mengikuti tender atau pengadaan. Percayakan kepada tim kami untuk proses Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Konstruksi.


Cut Hanti, S.Kom
Konsultasi di Whatsapp

Novitasari, SM
Konsultasi di Whatsapp
SBU Jasa Konstruksi Spesialis IT002 Jasa Konsultansi Ilmiah dan Teknis Bawah Tanah - Semua yang Perlu Anda Ketahui